China Kembali Batasi Impor Batubara Kalori Rendah

China Kembali Batasi Impor Batubara

China Kembali Batasi Impor Batubara Kalori Rendah

Harga batubara terkini sebesar  USD 109,85/Metrik ton, harga tersebut sesuai dengan update terbaru pada penutupan perdagangan kontrak batubara Newcastle hari Rabu 10/10/2018. Harga batubara saat ini mengalami penurunan, sekaligus merupakan harga terendah selama 4 bulan terakhir.

Penurunan harga batubara terjadi karena pergerakan variable yang membentuk HBA (harga acuan batubara), yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEI), dan Globalcoal Newcastle Index (GCNC).

Sementara itu pemerintah menetapkan harga acuan batubara di bulan Oktober sebesar 100,89 dolar AS per ton. Harga di bulan oktober mengalami penurunan sebesar 3,92 dolar AS dibandingkan harga acuan batubara di bulan September sebesar 104,81 dolar AS.

China Kembali Batasi Impor Batubara Kalori Rendah
Sumber: Ditjen Minerba Kementrian ESDM

Penurunan harga batubara saat ini dipengaruhi oleh kebijakan proteksi impor batubara oleh China. Sebagaimana yang kita ketahui China adalah Negara pengimpor batubara terbesar di dunia. China ingin membatasi impor batubara untuk mengurangi polusi sekaligus memproteksi harga produksi batubara dalam negrinya.

Apalagi dengan kondisi saat ini dimana sedang terjadi perang dagang antara China dan Amerika, dimana berpengaruh pada kenaikan tarif impor yang ditetapkan oleh China. Variable lainnya yang mempengaruhi turunnya harga batubara saat ini adalah pasar sedang mengalami over supply, khususnya untuk batubara yang berkalori rendah.

Untuk diketahui impor batubara China selama tahun 2017 sebesar 270,9 juta ton. Selama bulan Januari – Agustus 2017 ekspor batubara Indonesia ke China sebesar 30%, China berada di urutan kedua ekspor batubara Indonesia setelah India sebesar 31%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *