Hanya 5 (Lima) Menit Untuk Melakukan Safety Talk

Hanya 5 (Lima) Menit Untuk Melakukan Safety Talk

Hanya 5 (Lima) Menit Untuk Melakukan Safety Talk

Safety talk adalah suatu cara untuk mengingatkan pekerja untuk selalu memperhatikan aspek K3 dalam setiap melakukan pekerjaan. Safety talk juga biasanya merupakan pertemuan rutin yang dilakukan oleh pekerja dan supervisor perusahaan untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan K3.

Safety talk bertujuan:

  • Mengingatkan pekerja akan potensi-potensi bahaya di tempat kerja dan membantu para pekerja untuk mengenali dan mengendalikan bahaya tersebut
  • Melindungi para pekerja dari cidera akibat kecelakaan kerja yang sewaktu-waktu bisa terjadi

Safety talk biasanya dilakukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab terhadap K3 pekerja, diantaranya :

  • Supervisor/ Foreman
  • Safety officer
  • Anggota safety committee
  • Sesama pekerja secara bergantian dan dapat dijadwalkan secara teratur

Safety talk dapat dilakukan dimana saja, biasanya safety talk dilakukan berada di dekat lokasi pekerjaan. Misal: akan melakukan pekerjaan pengangkatan dan pemindahan material, maka safety talk dilakukan di area pekerjaan tersebut bisa berdekatan dengan peralatan angkat yang akan digunakan.

Apabila memungkinkan gunakan perlatan, material, dan prosedur untuk memperagakan item-item pokok agar lebih mudah dipahami oleh pekerja. Jangan lupa untuk melakukan record / membuat rekaman seperti: tanggal, lokasi, pembicara, peserta, dan materi safety talk sebagai referensi untuk kemudian hari.

Oleh karena pentingnya Safety talk, maka safety talk harus secara rutin dilakukan untuk mengontrol dan mengendalikan potensi-potensi bahaya di tempat kerja.

Sumber: Dipa Sinergi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *